Wednesday, January 18, 2012

[cemilan] Puding Coklat


Suka makan puding? puding cokelat terutama. Saya suka banget-banget, cemilan sehat buat diet. *tsaaah*. Karena itu juga saya mau share gimana bikin pudding ala anak kost-an :P

Puding Coklat ( Waktu Penyajian 20-30 menit)
Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

Bahan Pudding:
1/2 gelas tupperware ukuran 100 ml gula pasir
1 bungkus agar-agar putih, jelly plant, atau jelly rasa coklat
250 ml susu cair UHT putih bila menggunakan jelly rasa coklat, dan coklat bila mengunakan jelly rasa plant atau agar-agar putih.
2 1/2 gelas air putih
tambahan bisa ditambahkan nata de coco atau buah strawberry segar (pilihan saya)

 Bahan Fla:
100 ml susu cair UHT, atau 2 bungkus susu kental manis.
Air 100 ml bila menggunakan susu kental manis
 Gula pasir secukupnya
Vanila secukupnya
 Mentega secukupnya
Maizena satu sendok teh

Cara Memasak Pudding:
Panaskan 2 1/2 air putih dan 250 ml susu UHT putih pada teko listrik. Biarkan hingga setengah mendidih.
Larutkan gula dengan air hingga larut dan masukkan sedikit demi sedikit. Jangan diaduk ketika teko menyala, nanti kesetrum. *crossfinger*
Larutkan jelly bubuk dengan air hingga benar-benar larut, fungsinya agar tidak ada jelly yang menggumpal dan membuat tampilan atasnya tidak mulus.
Tunggu hingga mendidih, diamkan sejenak sebelum dituang di cetakan.
Potong-potong strawberry segar atau nata de coco, susun ke cetakan. Tuang pelan-pelan puding coklatnya. Biarkan hingga dingin

Cara membuat Fla:
Larutkan 2 bungkus susu kental manis dengan 100 ml air.
Panaskan hingga setengah mendidih.
Masukkan vanila dan mentega, matikan dulu teko kemudian aduk perlahan-lahan hingga mentega mencair.
Larutkan maizena dengan sedikit air, tuang perlahan-lahan ke larutan susu.
Biarkan hingga sedikit mengental, dinginkan.

Cara Penyajian:
Pisahkan pudding dari cetakan. Siram dengan Fla. Pudding siap dinikmati ;)

Note:
Beberapa orang suka menambahkan fla dengan kuning telur, berhubung saya bikinnya pakai teko listrik dan males amis, jadi saya ilangkan. Tapi so far rasanya masih enak kok.
Saya juga kurang suka manis, soalnya saya kan udah manis *ditoyor* jadi gulanya sesuka selera aja :D

Bentuk penampakan pudding kurang lebih seperti ini, gambar diambil dari sini

Teko listrik hadiah dari kakak tersayang :D







3 comments:

  1. eh, klo saya biasa pk jelly coklat nutrijell aja, cukup :P ga pk maizena dll.. hihihi

    ReplyDelete
  2. btw jelly plant apa jelly plain ya? hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. jelly plain :P soalnya klo pke fla mesti pke maizena buat ngentelinnya, itu jg klo lagi kerajinan :))

      Delete