Thursday, June 14, 2012

[Review] Laser untuk kulit yang lebih sehat (katanya)

Setelah satu bulan berlalu, kini tibalah saatnya saya mereview technology ini sehubungan dengan perannya dalam dunia kecantikan yang sampai hari ini masih membuat saya penasaran. Seperti yang pernah saya singgung sebelumnya, kodrat wanita untuk ingin selalu terlihat mempesona. Tak ubahnya saya, yang semakin ber-uang   semakin terpacu untuk memoles diri. *dikira porselen ahahaha*. Sebelum reviewnya saya mulai, saya akan jelaskan terlebih dahulu mengenai laser dan jenis-jenisnya. 

Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation atau lebih dikenal dengan LASER adalah sebuah teknologi yang dapat memperkuat cahaya. Sistem kerja laser adalah mengambil berkas cahaya kemudian mengumpulkannya. Masih ingat kan dengan pelajaran Fisika jaman SMU, cahaya sebenarnya adalah sebuah gelombang yang bergerak. Cahaya memiliki kekuatan sendiri, sehingga apabila dikumpulkan menggunakan media tertentu, kekuatannya bisa menembus benda keras sekalipun. Hal itulah yang kemudian dimanfaatkan manusia.


Jenis-jenis laser di dunia kecantikan ada banyaaaak... saya akan sebutkan secara garis besarnya saja:


1. Laser Fractional CO2  
Laser jenis ini adalah laser dengan daya potong, menggunakan teknologi carbon dioxide (Smartxide dot). Fungsinya untuk mengatasi scar baik karena kecelakaan atau karena jerawat, kerut karena keriput tanda-tanda penuaan, juga tumor jinak, bahkan tahi lalat yang kita tidak sukai. Terapi dengan menggunakan sinar laser ini akan mengangkat lapis demi lapis jaringan kulit dan merangsang kolagen yang akan membuat kulit menjadi kenyal dan halus.
2. Laser Ndyag
Laser Ndyag, kalau kita main-main ke klinik, pasti pernah dengar istilah IPL, yup! betul sekali Laser Ndyag-lah yang digunakan untuk IPL(Intense Pulse Light). Untuk menghilangkan bulu-bulu yang mengganggu, underarm, punggung, bikini line. Dengan menggunakan terapi ini kita tidak perlu lagi waxing setiap 3 minggu sekali. 
3. Q Switched Nd YAG
Laser pigmen (Q-switch Nd:YAG laser), kalau laser yang ini digunakan untuk mengatasi kelainan pigmentasi pada kulit karena photoaging seperti lentigo senilis, freckles, tanda 
lahir berupa bercak hitam keabuan/kecoklatan dan juga  dapat menghilangkan tattoo pada tubuh.

Intinya laser itulah yang biasa digunakan pada dunia kecantikan, hanya panjang gelombangnya saja yang kemudian berbeda-beda. Nantinya di klinik akan ada namanya laser erbium glass, laser acne therapis dan lain sebagainya.
Lalu laser mana yang kemudian saya jalani..
Sejak kecil saya sudah pernah ceritakan kalau saya memiliki tanda lahir di pipi sebelah kanan, tanda lahir itu konon munculnya seminggu setelah saya dilahirkan. Awalnya merah kecil lalu melebar, dari hasil gugling sepertinya tanda lahir saya masuk kategori port-wine stain atau hemangioma. Untuk jelasnya, lihat foto jaman saya masih pakai popok.
Biarpun ada tanda lahir saya tetep menggemaskan yah. :P *ditoyor* 

Tanda lahir ini harusnya sudah menghilang ketika si anak tumbuh dewasa, sayangnya tidak berlaku di saya. Jadi tahun 1996-1997 saya menjalani therapi laser kali pertama dan kedua. Tapi tidak hilang juga, si merah itu memudar tapi jaringan kulit saya seperti ada parut ( WTH!!! *angrymodeon* ) .Belum lagi diperparah ketika menginjak dewasa saya juga mengalami masalah yang dialami hampir mayoritas ABG,je-ra-wat. Jaringan parut bekas tanda lahir dan bekas jerawat adalah kombinasi sempurna untuk jadi si Itik Buruk Rupa. *inhale-exhale*


Jadi saya berjuang lagi.... 
Money can't buy happiness, but money can make you create happiness by your self. #TRUE
Setelah searching mencari informasi kemana-mana, baca review di makemeheal.com. Considering the best and the worst case, healing time, the patient of me, budget estimation. Akhirnya saya memutuskan mengambil therapi Laser Fractional CO2. 
Saya yakin seyakin-yakinnya kalau nanya ke mantan   temen baik saya *gak cuma pacar yg bisa jadi mantan* , Dia pasti akan melarang saya abis-abisan. 
"Mending buat beli ipad Ngil" *dia memanggil saya bungil singkatan dari bunga ilalang :p*
Persis seperti jawaban-jawaban dia waktu saya minta saran soal behel, atau segala sesuatu yg berhubungan dengan beauty stuff bahkan soal ngegosipin wedding make up yang bikin muka jadi berbeda sekali. Komentar dia gak pernah positif.
soal behel:
 "Lo mau Ngil, di pelaminan pakai behel? pake behel ribet, makan nyangkut2, jadi jorok kan?"
soal wedding make up:
 "Jadi cantik sih gue suka, tapi kalau ampe beda banget, males." 
Hebatnya dulu opini dia ngaruh banget buat pengambilan keputusan saya selanjutnya, setelah saya tak dekat lagi dengannya, saya lakuin semua yang dulu kurang dapat restu darinya... heheheh.. Time flieeessss.... 

Back to the review, 
Kenapa saya bilang therapy karena laser fractional CO2 ini bukan tipe treatment yang sekali lalu masalah beres. Untuk mengembalikan kondisi kulit ke arah normal, laser harus dilakukan minimal 3 kali. Idealnya 5 kali dengan selang waktu 1-2 bulan sekali therapi. Saya akan jelaskan review mulai dari budget, durasi dan step by step pelaksanaan therapy, healing time, target therapy, side effect yang kadang terjadi. Mari kita mulai:

Budget:
Untuk melakukan therapy ini ada yang men-charge-nya per paket, per tembakan atau per therapy. Kasus saya, saya mengambil paket, 5 kali therapi. Berapa biaya yang saya keluarkan, tidak akan saya bahas lebih lanjut, takut nyesel. :( Tapi lebih baik sediakan biaya minimal 6juta untuk therapy ini. Skin Center yang saya pilih saya kira tidak mahal.

Durasi dan step by step pelaksanaan therapy:
Durasi therapy ini 6-12 bulan, untuk hasil yang significant. Sekali treatment, waktu yang diperlukan kurang lebih satu setengah jam dengan detail:
20 menit: pengolesan anestesi
45 menit: laser fractional CO2 (tergantung luas area)
15 menit: pendinginan dengan menggunakan masker collagen dilanjutkan dengan pengolesan cream anti iritasi

Healing time:
Proses penyembuhan sekali treatment memakan waktu 7 hari, dan menjadi normal dalam kurun waktu 1 bulan. Detail healingnya:
satu jam setelah treatment: kulit terasa panas *yaiyalah dibakar gitu* . Bagian yang dilaser berubah menjadi spot putih-putih, kemudian akan menghitam.
hari 1: kulit menghitam, seperti luka-luka. Sukses untuk bikin wajah seperti monster.Saran saya sih batalkan semua kencan Anda ahahaha. Pada 7 hari pertama hentikan semua cream-cream perawatan, gantikan dengan cream steam-cell untuk proses regenerasi kulit dan gunakan washing soap yang lembut untuk membersihkan muka Anda. Ketika mencuci muka jangan digosok. PENTING! untuk siang hari gunakan sunblock dengan SPF tinggi, saya menggunakan parasol 30 SPF. Idealnya minus zerro (Korean Product), cuma berhubung mahal sekaliiii... sementara saya mengandalkan parasol :P . So far, it works.
hari 3: kulit mulai mengelupas, jangan di kelopek, karena justru bisa membuat infeksi, sabar-sabar saja. No pain no gain, right? :P
hari 7: bagian hitam mulai terkelupas semua. Bekas laser menjadi merah. 
hari 8: sudah bisa menggunakan cream perawatan kulit muka kita sehari. Kulit muka masih memerah, seperti bekas jerawat baru yang cukup mengganggu. Masih harus bersabar. 
Kondisi muka memerah itu bisa terjadi lebih dari seminggu, pada kasus saya hampir 3 minggu baru membaik :(
Hari ke 30: Yipiiieee, muka saya sudah membaik, meskipun hasil treatment 1 ini belum memperlihatkan hasil. Belum ada perubahan sama sekali malahan. Tapi sabar saja :D *menghibur diri*

Target Therapy:
Target therapy, setelah 3 kali session. Scar akan membaik, kulit terangkat, pori-pori mengecil. Amiiiinnn....

Side effect:
Beberapa kasus, Asian Skin utamanya dengan pigmen lebih banyak daripada kulit orang barat, bisa menimbulkan pigmentasi, dan itu terjadi di saya Y_Y. Kulit saya mendadak punya spot hitam.. huuuhuuuu. Tapi jangan khawatir, konsultasikan dengan dokter kulit Anda, minta resep untuk menghilangkan spot-spot itu. Kemarin saya diberikan Konsentrat Vitamin C dan hidroquinon untuk memudarkan. Efek lainnya, karena sistem kerja laser ini sebenarnya sebagai stimulan untuk membuat kulit bekerja lebih keras. Iyah, sistem tubuh manusia sebenarnya secara otomatis selalu memperbaiki bagian-bagian yang mengalami kerusakan, seperti sistem imun yang muncul apabila virus atau bakteri masuk ke tubuh. Laser merangsang kulit untuk melakukan regenerasi. Ternyata tak cuma itu, bibit-bibit jerawat yang tadinya hibernate mendadak muncul ke permukaan. Muka saya utamanya bagian jidat purging. Jerawat hormonal muncul semua Y_Y. Jangan khawatir, konsultasi lagi  untuk menuntaskan jerawat itu. Pada kasus saya, saya terpaksa harus minum obat oral, antibiotik juga soft gell acne spirulina. Meminum obat ini tidak diperbolehkan dalam kondisi hamil atau sedang merencanakan kehamilan, karena dapat mengganggu janin.

Begitulah, kira-kira review yang bisa saya ceritakan. Saran saya, pilih dokter kulit yang bisa Anda percaya. Saya menjatuhkan pilihan kepada Dr. Herry di Wijaya Skin Care, dan insyaAllah saya gak salah pilih. Beliau orangnya cukup komunikatif, mau menjawab pertanyaan-pertanyaan saya melalui BBM, meskipun kesibukan beliau saya tahu padat sekali.  Minusnya, justru kalau lagi di klinik saya jadi gak bisa banyak-banyak nanya, karena antrian yang berjubel :( 
Saran ke dua saya, sabar... karena segala sesuatu itu butuh proses. Saya meng-capture skin progress dari hari 1 sampai hari ke 30 supaya saya selalu ingat prosesnya. :D Jadi jangan patah arang.  
Saran ke tiga, jangan lupa genapi ikhtiar, dengan doa.. insyaAllah gak akan sia-sia. Karena sesungguhnya merawat diri itu bukti cinta kita kepada Pencipta, diri kita sendiri, juga calon pasangan kita nanti.
Kalau kata pepatah:
 "Punya istri cantik itu anugrah, tapi istri yg sholehah kebahagiaan" 
kenapa saya gak mencoba ngasih keduanya.. toh masih single dan belum ada tanggungan yang mengikat kan yah? iya aja sih biar cepet ahahah :P 






54 comments:

  1. mas cliniknya mas waktu tritmen ini dimana?bisa minta alamatnya ama no telponnya gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduuuuh, saya cewek lho mas ahahah... udah saya inbox di emailnya mas Putra yah. Btw, bikin janji dulu kalau mau ketemu dokternya.. antriannya gila-gilaan soalnya.. selamat berjuang ^^

      Delete
  2. sis,aku yanti. aku boleh tanya ga? waktu abis dilaser. tetep cuci muka kan. trus pake masker dong waktu beraktifitas. trus pakai cream yg dr dokter, creamnya warna putih gt ya. dipakenya pagi n malem aja ya. sempet drop ga? aku drop bgt lho. abis kaya disetrika gt. aku ka sholat tuh gmn yaaa? katanya kan jangan kena air. ceritain detailnya dong cara perawatannya. trus yg ke dua n ketiga kalinya gmn. biar aku pd ngejalaninnya nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Yanti, jenis laser itu beda-beda, dan pasca treatmentnya juga berbeda-beda. Kalau laser yang saya ambil mengijinkan untuk mencuci muka, jadi gak ada masalah dengan shalat dan wudhu. Klopun gak boleh kena air kan kamu bisa tayamum :)

      Iya creamnya putih, dipakenya pagi dan malam. Sempet drop dan hampir aja nyesel ngambil treatmentnya. Tapi insyaAllah worth it kok. Nanti ke dua dan ke tiga direview lagi ya.. plus detail perawatannya kebetulan baru akan ngelakuinnya minggu2 ini.

      Selamat berjuang juga :)

      Delete
    2. Sist mau tanya, sesakit apa sih treatment lasernya?
      aku ada port wine stain cukup luas areanya, hampir seluruh tangan kiri kena.
      Ga terlalu ketara sih soalnya pake baju lengan panjang terus, tapi malu kalau buka baju.
      Ini masih nimbang2 cost-benefit mau treatment atau ga.

      Thanks

      Delete
  3. ga boleh kena airnya 2 hari doang sih.iya 2 hari aku tayamum. pas hari ke tiga sih aku udah mulai cuci muka lagi. aku abil 5 x paket Fractional CO2. tp kok aku udah hr ke tiga (ini hari 3 nya) blm ngelupas jg yaa. apa nama cream nya. klo aku ga perawatan di wijaya boleh beli jg ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dr. Marry. memangnya kamu perawatan dimana? jam terbang operator laser ( dokter) mempengaruhi hasil lho.. jadi hati-hati..

      Delete
  4. aku di dokter aries yudha, pertukangan selatan. tp dikasih creamnya kecil bgt. kayaknya kurang deh.trus klo diajak konsul kurang enak makanya aku agak deg deg an neh. nunggu saat2 pengelupasannya. kapan? kapan? n kapan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin kamu cuma dikasih cream anti iritasi aja, klo kemarin saya direkomendasiin menggunakan cream dr. marry. Cream steamcell, dibuat dari sunsum tulang belakang itu, fungsinya simultan kulit agar cepat regenerasinya.
      Good luck ya :)

      Delete
    2. Mba Yanti, gmn hasilnya di dokter aries yudha? memuaskan kah?

      Delete
  5. Hi yanti...boleh tanya ga??gimana kabar muka kamu sekarang??uda lebih better ato gimana?? soalnya aku juga lg jalanin perawatan di dokter aries yudha, petukangan selatan. aku ambil paket yg 3x treatment..
    muka kamu uda mengelupas??

    ReplyDelete
  6. wah.. klo cocok psti bsa cpet mnglupas kq kulitx.. *kyakx c.. haha

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. huahahhaha... amiin.. punya klinik sendiri. Tapi saya gak punya skill di kecantikan mas :)

      Delete
  8. Hai sist Reza.. Aq juga baru aja Laser fractional CO2 nya hari kamis yg lalu, hari ini udah menginjak hari ke 5 malahan kulit ku udah hampir bersih nih pengelupasannya.. but.... What a Big Problem, muncul jerawat kecil2 yg ujung2nya putih gitu, aq kan gak pernah jerawatan jadi sedikit frustasi karena laser ini malah jerawatan seperti alegi begitu... aq kuatir banget nih,, muka ku jadi jerawatannnn mana dokternya lagi libur lebaran nih... waktu kmrn sist Reza jerawatan karena laser ini, dokter nya comment apa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi sis, yup beberapa kasus memang seperti itu. Kalau kasus saya kemarin, saya sepertinya gak cocok dgn cream steamcelnya jadi muncul jerawat nasi di bekas lasernya. Dokternya saranin berhenti pakai cream itu dan minum obat oral dokter spiller, minumnya seling satu hari dan gk boleh dalam kondisi mau atau sedang hamil. Semoga informasi saya membantu ya :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. emailnya di elsipd@yahoo.com.sg

      Delete
  9. iya nih sist, aq juga udah bbm dokternya, aq kmrn dikasi 2 macam cream, utk calming cream (anti radang) dan biocell (menumbuhkan kulit baru) terus dokternya suru aq stop pakai bio cel nya, hari ini udah lumayan membaik jerawat nasinya... Thank you buat sharing nya yg sangat bermanfaat yah...

    ReplyDelete
  10. Sis, saya dari Malaysia. Minggu lepas saya juga baru menjalani rawatan laser kerana punyai scars & parut jerawat yang berlubang. Ini adalah first time pengalaman saya buat laser treatment. Saya setuju amat bila membaca review dari sis. Ini kondisi hari ke-6. Bintik hitam itu sudah mengelupas dan tertanggal sendiri dari kulit saya dan sebahagiannya masih ada lagi di kulit. Jerawat nasi juga seakan-akan naik dengan banyak. Adakah ini effect nya?

    Berapa kali saranan doktor anda untuk lakukan laser treatment ini? Di sini, doktor juga menyarankan sebanyak 5 sehingga ke 6 kali kerana katanya saya punyai parut yg dalam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Isma,

      I think the effect is not usual. Di saya, memang sempet purging, di konsultasikan aja supaya purgingnya gak bikin scar baru. and Yup! if u have deep scar u need more than 2 or 3 treatments for this. Dokter saya sih menyarankan saya melakukan 5 kali, dan saya memang mengambil paket untuk 5 kali sekaligus. Good Luck ya! No pain No gain ^^v

      Delete
  11. Bole nanya ga price nya untuk laser co2 itu brp y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. i guess it depends on the doctor. Beda klinik beda tarif. Just make sure the doctor has ability to do this treatment. 'cause the treatment is a little bit dangerous. ;)

      Delete
  12. hai sist, mau tanya nama klinik dan dokter yang berikan tindakan dong, sekalian total harganya. bolehkah??? inbox ya sist,,tengkyu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau juga dong info klinik dan dokternya...Sampai saat ini, hasilnya gmn ya? Sekalian mau tanya, pernah bandingin ga laser ini dengan derma roller. krn kan sama2 bisa menghilangkan scars juga ya. thanks sebelumnya.

      Delete
    2. info kliniknya dan dengan siapa dokternya sudah saya informasikan di atas. Sayangnya belum pernah sis untuk dermarolernya.. jadi kurang tau perbedaan hasilnya.. bisa dikonsultasikan ke dokternya langsung saja :)

      Delete
  13. sis sakitkah jenis perawatan ini. aku berminat sepertinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sakit itu relatif ya, perawatan ini pakai anestesi dan rasa yang timbul seusai perawatan adalah rasa panas seperti ketika terkena api. Semoga membantu ya :)

      Delete
  14. Hi,, aku jg baru treatment nih d dr aries pertukangan selatan.. Baru kemarin di-laser-nya.. Hihihi.. Thanks ya sharing2 nya.. Tnyata memang dampak nya menghitam ya d bekas laser.. Agak shock sebetulnya.. Tp setelah aku baca sharing2 nya jd merasa agak lega.. Jd bersabar aja ya smpai kulit menghitam nya mengelupas.. Hehehe.. Gk sabar sebenarnya nunggu kulit mengelupas.. Moga2 setelah itu gk ada efek2 samping lagi..

    ReplyDelete
  15. Hai mba, boleh aq tau alamat lengkap dr aries itu dmn? Krna aq jg mau mulai menggunakan laser..bagaimana proses awal dan berapa harganya dr mulai kita d laser sampai akhir.. mohon rinciannnya... inbox ya mba.. aq tunggu banget kabarnya...

    ReplyDelete
  16. Hei mba, ak boleh tnya alamat dan budget nya g?? ak jg pubya tanda lahir.. bisa d inbox??

    ReplyDelete
  17. hai mba icha..sekarang gimana kulitnya? uda berapa kali treatment? Aku pengen nyobain tp masih nyari2 info biar ga nyesal...Setelah laser boleh kena sinar matahari ga? thanks infonya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya dihindari dulu ya outdoor activitiesnya.. kalau terpaksa boleh pake sunblock ya :)

      Delete
  18. Ini laser yg ke 3 aku,aku ga repot2 amat prosesnya,sebelum di laser,wajahku di kasih cream anastesi selama 1 jam.setelah dilaser kembali dikasih cream anastesi,tampak masker2an.sesampai di rumah langsung mandi,bersihin muka pake sabun ponds,trus oles lagi krim iritasi yang diberikan oleh dokter.1 hari langsung menghitam,3 hari mengelupas,hari ke 4 kulit memerah.2 hari pasca laser aku sdh beraktifitas,cuma klo mau keluar selalu pake penutup muka (masker).dan alhamdulilllah ga pernah ada masalah seperti jerawat / proses pemulihan lama.biayanya 500 rb/skali laser.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba abdee, sorry boleh tau dimana lasernya ya? Kebetulan saya punya banyak luka bekas jatuh dikaki dan tangan pasca kecelakaan... Minat laser juga tp kalau budgetnya 500 perlaser sih cukup terjangkau ya... Alamat klinik dan tlponnya boleh minta? Thanks b4

      Delete
  19. mbak mau tanya kalau tanda lahir dari bayi itu boleh dihilangkan pake laser minimal usia berapa??
    kemarin waktu setelah melahirkan anak saya masuk ke ruang inkubator, disebelah anak saya ada bayi laki-laki lucu tapi tanda lahirnya setengah wajahnya membiru (gelap) sampai dengan paha. itu anak pertama yang ditunggu selama 7 tahun. saya gak tega ngeliatnya tapi ngeliat ibunya sangat bersyukur dan sama sekali tidak mempermasalahkan kondisi fisik anaknya.katanya anaknya mau di laser untuk menghilangkan tanda lahir itu.bukanya di laser itu sakit yah mbak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Dini, saya kurang tahu usia pasnya kapan boleh dilaser untuk anak-anak, tapi sebenarnya tanda lahir itu bisa hilang dengan sendirinya menginjak anak dewasa.. Jadi ada baiknya ditunggu dulu atau dikonsultasikan ke dokter anak, termasuk jenis tanda lahir yang seperti apa yang ada pada si bayi. Semoga aja semakin besar tanda lahir si bayi bisa hilang dengan sendirinya :)

      Delete
  20. assalamualaikum mbak, aku baru baca blog ini, boleh tau ga mbak alamat dokter herry nya dimana ? makasih mbak :)

    ReplyDelete
  21. Salah satu pertanyaan yang paling sering diajukan oleh orang-orang, mencari tato dilakukan, adalah tato biaya. Sejak lama, tato dikenal cukup mahal, mana yang lebih besar biaya hingga ribuan dolar. Sebuah pedoman umum yang berlaku dalam dunia tato adalah Anda mendapatkan apa yang Anda bayar. Harga tato dapat bervariasi menurut negara dan daerah juga. Melihat meningkatnya permintaan untuk tato tapi jumlah terbatas seniman tato, harga tato tetap stabil atau mendapatkan peningkatan.

    Dapatkan Dsini lebih lengkapnya

    ReplyDelete
  22. mau tanya untuk paket 5 kali d wijaya berapa ya?
    untuk di dr aries petukangan sekali datang berapa?paket berapa? ty

    ReplyDelete
  23. Mba icha boleh minta pin BBnya ga?

    ReplyDelete
  24. hai mbak reza, sekarang udah 2015 nih.. gimana hasil 5x treatmentnya ? apa hilang beneran mbak tanda lahirnya ? soalnya aku jg mau coba nih, bekas luka (parah bgt warnanya sampek hitam, bukan coklat) banyak bgt di kaki.. tolong sarannya ya mbk.. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak...
      Jadi coba ilangin tanda lahir?
      Saya juga ada rencana nih.
      Mbak sudah coba dimana? Dan bagaimana hasilnya? Mau di infokan mbak.
      Terima kasih :)

      Delete
  25. Minta alamat klinikny donk atau no hp

    ReplyDelete
  26. Trus yg mbak Reza, dan Abdee...gimana bener2 hilang setelah mengikuti prosedur laser semuanya...aku pengen jg treatment laser. Thanks. Gbu

    ReplyDelete
  27. Please share info dong. Veravictoria327@gmail.com

    ReplyDelete
  28. Please share info dong. Veravictoria327@gmail.com

    ReplyDelete
  29. Trus yg mbak Reza, dan Abdee...gimana bener2 hilang setelah mengikuti prosedur laser semuanya...aku pengen jg treatment laser. Thanks. Gbu

    ReplyDelete
  30. Ka aku juga punya tanda lahir kaya maka percis.. Boleh tidak aku minta kontak dokterny dan alamat prakteknya.

    ReplyDelete
  31. klinik kecantikan mnjadi primadona krn bisa bkin kulit jd mulus :D

    ReplyDelete