Tuesday, April 05, 2016

[Traveling] Memilih Agen Perjalanan Ibadah yang Murah tapi Gak Murahan..

Labbaik Allah humma labbaik Labbaik la sharika laka labbaik Innal hamda Wan-ni'mata Laka walmulk Laa sharika lak.
Kalau mengaku muslim, pasti punya keinginan buat ke tanah suci. Siapa yang enggak sih? bersujud depan kiblat, ziarah ke tokoh paling berpengaruh sepanjang zaman, Rasulullah SAW.

Saya pun tanpa kecuali, konon katanya kalau tanpa dipanggil Allah, betapapun siapnya kita untuk berangkat, banyak halangan yang akan membuatnya kandas. Alhamdulillah, ternyata saya salah satu yang terpanggil... Biasanya kalau patah hati, saya cuma lari ke gunung, atau ke pantai atau ke hutan, tapi MashaAllah kali ini saya diijinkan ke Mekaaaah.. Sering-sering donk matahin hati saya.. #eh ahahahhahaha masih aja loe cha, becanda kali masbro.. #sokakrab.

Eh tapi postingan saya kali ini, setelah vakum yg cukup lama #tsaaah, bukan membahas saya yang lagi patah hati. Duh! gak lagi-lagi deh... kasian yg gak sengaja blogwalking. Baca celotehan saya yang galau mulu. Jadi supaya blog ini lebih memberi manfaat #duilee,  saya mau bagi tips, bagaimana memilih agen perjalanan ibadah. 

Media online memang memberikan banyak keuntungan kepada kita. Akhir-akhir seperti yang kita tahu, sering muncul di dunia periklanan sosmed, banyak yang menawarkan umroh procil, atau umroh murah atau umroh - umroh lain yang jual murah, tapi kemudian ke belakangnya ternyata bermasalah. Bermasalah gimana sih cha? iya, bermasalah seperti misalnya jamaah terlantar di bandara, jadwal keberangkatan terus-terusan mundur, atau naudzubillahimindalid uang jamaah dibawa kabur. Supaya tidak terjadi hal-hal seperti ini, bagaimana sih sebenarnya memilah, menyeleksi, memilih travel agen umroh yang murah, aman dan inshaAllah istiqomah memberikan pelayanan kepada jamaahnya. Untuk lebih jelasnya, simak yuks tips and trik saya, semua yang saya tulis murni pengalaman pribadi, jadi gak ada muatan ekonominya :D.

Yang pertama, kamu harus tahu, berapa budget yang kamu persiapkan untuk perjalanan ibadahmu. Semakin besar budgetmu, tentu semakin banyak pilihan yang bisa kamu ambil. Tapi kalau untuk melakukan ibadah yang wajib saja, persiapkan minimal 23 juta IDR.

Setelah bugdet tersedia, saatnya memilih vendor atau agen yang akan mengurus perjalananmu. Sejujurnya saya lebih senang mengurus sendiri tapi sayangnya untuk kategori umroh, masih harus menggunakan agen. Saya berharap semoga suatu hari bisa perseorangan. Well! layaknya memilih suami #aiiihkayakbisamilihsuamiaja, untuk memilih agen, tentunya kamu harus kenal lebih jauh agen tersebut, yaiya masa cuma karena iklan murah meriah di facebook trus kamu langsung tertarik. Pilih yang murah tapi gak murahan. Jadi apa aja yang harus jadi pertimbanganmu memilih? Sederhana kok, beberapa poin dibawah ini bisa jadi pertimbanganmu memilihnya 

Jam terbang agen. Sudah berapa lama agen tersebut berkiprah di dunia bisnis traveling, istilahnya apakah agen tersebut pemain baru atau pemain lama. Yup! Jam terbang agen tentu berpengaruh dengan reputasi agen tersebut, pelayanan buruk tentu akan merusak reputasi. Apalagi di jaman orang bebas berpendapat di sosial media. Ingat! experience is best value of business.  Jadi pilih yang sudah berpengalaman untuk menjadi jembatan perjalanan ibadahmu.

Perbanyak gugling. Kalau sudah memilih agennya, jangan malas untuk memperbanyak searching review orang yang menggunakan agen tersebut. Tapi jangan yang dari selebsosmed ya guys, karena mereka memang dibayar untuk hal tersebut. Saya ragu objectivitasnya.

Pelajari methode pembayarannya. Beberapa agen menawarkan beberapa metode pembayaran, seperti procil atau program cicilan, sefretu, paket standar, deluxe dan lain-lain. Contoh sederhananya, kalau misal memilih procil, tanyakan mengenai termnya, berapa jeda setelah pembayaran lunas diberangkatkan dan berapa jumlah jamaah pada tiap keberangkatan. Ini penting untuk menghindari "money game" yang sepertinya digunakan pada methode procil ini. Wait? serem amat sih cha, pakai kata-kata money game. Ya memang seram, karena procil ini sebenarnya sistemnya dana talangan. Penjelasan panjangnya bisa dibaca di sini dan di sini.

Pelajari itinerary dan program yang ditawarkan. Standarnya tiap agen akan menawarkan paket meliputi hotel, armada pesawat, visa, pembina atau muttawif dan lain-lain. Tanyakan secara detail, bahkan kalau misalnya bukan direct flight, perlu ditanyakan siapa yang akan mengurus di negara transit bila harus transit hingga satu hari satu malam. Layaknya hukum pasar, ada uang ada barang, semakin mahal biaya umroh tentunya semakin wah fasilitas yang ditawarkan. Tapi berdasar pengalaman saya, hotel mewah sebenarnya juga tidak terlalu penting, toh kita juga akan lebih banyak di masjid daripada menghabiskan waktu di masjid. Jadi pilih yang menjamin kedekatan lokasi hotel dengan masjid.

Last but not the least, tips menghemat biaya, pilih urus beberapa keperluan administrasi sendiri. Program-program yang ditawarkan biasanya sudah ada yang menawarkan "kita tahu beres" atau cuma sebagian saja. Saran saya, kalau anda terbiasa mengurus perjalanan anda sendiri, pilih urus sendiri, lumayan menekan biaya. Seperti misalnya membuat paspor sendiri, suntik meningitis sendiri dll. Kalau visa biasanya kolektif. Untuk suntik meningitis sendiri, kalau kita memilih sendiri, harganya jauh lebih murah hampir 50% dari harga agen.

Pilih yang menawarkan harga fix dalam rupiah. Setau saya, peraturan pemerintah sudah mengatur tentang tranksaksi di Indonesia harus dalam rupiah, info jelasnya bisa di baca di sini. Tapi sayangnya beberapa agen masih menjual dalam harga USD. Berhubung harga USD sangat fluktuatif saya lebih senang dengan yang menawarkan harga IDR, dengan begitu kita tidak perlu khawatir kalau tiba-tiba dolar merangkak naik.


Sekian, tips dan trik saya seputar memilih agen, semoga bermanfaat dan bisa menjadi pertimbangan. Semoga dimudahkan juga bagi yang hendak melaksanakan ibadah umroh. Aamiin.



2 comments:

  1. Sekarang memang harus hati-hati dalam memilih travel umroh, terutama yang harganya murah banget. Takutnya penipuan aja. Sebagai info aja, sekarang kan udah ada Umroh Travel tuh, jadi bisa milih beberapa pilihan travel umroh (bukan cuma 1, krn marketplace). Insya Allah bisa jadi solusi menghindari penipuan umroh.

    ReplyDelete