Tuesday, October 21, 2014

[Curhat] The Awful Services of BukaBuku.com


Sebagai BookLovers, yang dimana hampir sebagian waktunya habis di kantor. Keberadaan toko buku online tentulah sangat membantu. Cukup klak-klik, buku yang kita inginkan akan diantarkan ke tempat kita, tidak perlu beranjak dari depan laptop, informasi-informasi buku terbaru akan dikirimkan ke email kita. Berikut fasilitas-fasilitas PO, PO artinya kita bisa mendapatkan buku baru itu lebih dahulu dari orang lain. Biasanya juga ada bonus-bonus kecil menyertai PO tersebut. Keuntungan lainnya, harga buku di Toko Buku Online, justru lebih murah 10-15 persen dari harga toko buku fisik. Sudah lebih murah, tak perlu capek pula. Saya terbantu? Sangat. Kalau dulu kita bingung, misal, tidak memiliki no rekening atau visa card, sekarang metode pembayarannya pun toko buku online juga cukup beragam, Toko buku online besar juga menyertakan pembayaran melalui COD (Cash on Delivery).

Oke, sekarang saya akan menceritakan, salah satu kejadian paling memalukan yang seharusnya tidak perlu terjadi pada salah satu toko buku online yang dulu jadi langganan saya. Toko Buku Online dengan reputasi yang cukup bagus ini, melakukan kesalahan yang cukup fatal. Kenapa saya mengatakan hal tersebut? Karena dia mengecewakan puluhan atau malah ratusan fans fanatik novel dari sebuah penulis.


Tanggal 1 October kemarin, PO novel series Supernova karya Dee Lestari yang amat di tunggu dibuka. Quota PO tersebut menurut informasi yang beredar hanya sekitar 2014 buku, sangat special dengan tambahan tanda tangan sang penulis. Beberapa toko buku online, digandeng dalam special PO ini. Saya masih punya list-nya, Bukukita.com; BukaBuku.com; Kutukutubuku.com; inibuku.com; pengenbuku.net; bukubukularis.com; parcelbuku.com; tokobaca.com; mizanstore.com; temanbuku.com, adalah toko buku online yang beruntung di gandeng bentang pustaka untuk PO tersebut. Saya sebar informasi ini ke teman-teman saya yang juga menggilai karya Dee seperti saya. Let’s grab the book and to be the first for the owner! Hari itu juga saya PO di BukaBuku.com, salah satu toko buku online yang jadi langganan saya. Beberapa kali saya memang sempat kecewa dengan pelayanannya yang lama, termasuk janji bonus yang tidak dikirim dan setelah saya complain selama hampir berminggu-minggu baru dikirimkan. Tapi saya tipikal yang setia dengan sesuatu, jadi biarpun saya pernah kecewa, saya belum beralih ke toko buku online yang lain.

Saya order tanggal 1 October 2014, pukul 22.00 WIB. Saya capture gambarnya sebagai bukti bahwa saya memang melakukan order di hari pertama dengan method pembayaran transfer BCA yang saya lakukan keesokan paginya.


PO tanggal 1 October 2014


Bukti Transfer 2 October 2014


Tanggal 2 October 2014, saya mendapat konfirmasi kalau pembayaran saya sudah diterima dan akan diproses. Saat itu, saya tenang, menurut penalaran saya konfirmasi itu menandakan bahwa PO Gelombang karya Dee yang sangat special telah saya dapatkan. Tak terbersit sedikitpun, bahwa ini cuma tipu daya Bukabuku untuk memberi harapan palsu atau kalau saya boleh bicara kasar, meraup sebanyak-banyaknya keuntungan pada Dee Lestari’s fans club.
Konfirmasi Pembayaran diterima tanggal 2 October 2014
 
 
Konfirmasi PO telah diproses tanggal 2 October 2014

Tanggal 16 October 2014, adalah hari launching Gelombang, saya mendapat email konfirmasi pengiriman buku tersebut dari BukaBuku.com. Asumsi saya, dengan lokasi saya yang di Jakarta, buku akan saya terima keesokan harinya tanggal 17 October 2014. Girang rasanya, mondar-mandir ke loby kantor cuma untuk memeriksa keberadaan Gelombang, apakah sudah sampai dengan selamat ke kantor saya atau belum. Tapi, kekecewaan pertama, tanggal 17 October 2014, keberadaan Gelombang bahkan sampai malam tiba pun, tak menampakkan sosok hitam misteriusnya, saya keluar dari kantor jam 21.00 WIB. Oke, saya pikir, mungkin senin pagi, si Gelombang akan sudah bercokol manis di meja kantor saya. Bersabar sajalah… bukankah sabar selalu berbuah manis, toh buku yang saya nantikan ini salah satu dari 2014 buku yang bertanda tangan Dee. Telat sehari dari kebanyakan orang tak masalah lah.
 
Pengiriman PO tanggal 16 October 2014

Tanggal 20 October 2014, senin pagi saya sudah mulai resah, teman-teman seperjuangan PO sudah membaca hampir ¾ halaman Gelombang. Melontarkan kekaguman, kegilaan, kesintingan Dee, yang membuat saya makin gelisah dan penasaran setengah mati. Hari senin itupun saya habiskan dengan bolak balik ke loby kantor untuk menanyakan keberadaan si Gelombang. Jam 13.30 WIB saya mencoba bertanya ke BukaBuku.com, dan jawabannya hanya “Mohon ditunggu dengan sabar mba, mungkin kurir kami sedang overload sehingga PO mba dating terlambat.” *inhale-exhale*

Jam 17.09 WIB, akhirnya saya mendapatkan kabar dari receptionist bahwa buku saya telah tiba. Tapi….

Kemarahan saya membeludak, buku yang saya dapatkan adalah buku regular yang akan dengan mudahnya bisa saya dapatkan di toko buku biasa. Dongkol, kecewa, sakit hati, apa-apaan ini BukaBuku.com.

Teman saya order di kutukutubuku.com, di hari ke dua dan dia mendapatkan sesuai dengan yang dijanjikan. Toko buku online yang lain memang menginformasikan ketersediaan PO khusus ini, dan lalu menutup PO begitu quota terpenuhi. Tapi BukaBuku.com????????????

PO datang terlambat, buku yang datang tidak sesuai dengan yang dijanjikan, dan tidak ada sedikitpun konfirmasi mengenai perubahan PO buku tersebut. Marah? SANGAT. Kecewa? I got mind like I could kill somebody hahahhahahha….

Nasi sudah menjadi bubur. Semarah apapun saya, tidak akan pernah mengembalikan momen 2014 PO Gelombang itu… Mau menangis juga percuma, meskipun setelah shalat magrib dan membatalkan puasa, saya menangis sejadi-jadinya…. Kekesalan yang memuncak…

Saya ingat kata pepatah, perlu hitungan waktu yang tak sedikit untuk membangun kesetiaan customer, tapi hanya perlu satu kesalahan fatal tak termaafkan yang akan menghancurkan pondasi kesetiaan tersebut. BukaBuku.com cuma sedang menciptakan efek domino dari hal yang dia sepelekan dari customernya… Selamat!!!



Will ever purchase again from BukaBuku.com ? NEVER, masih banyak toko buku online yang lebih professional dan bertanggung jawab.

Will recommend BukaBuku.com for the other? NEVER. Cukup saya yang merasa kecewa berulang-ulang dengan BukaBuku.com ini.

2 comments:

  1. Jadi gak ada kompensasi apa pun dari kelalaian ini, ya? Parah ini mah.

    Btw Cha, buku yang ditandatangani langsung emang terlihat lebih spesial dibanding yg biasa *dibalang*

    ReplyDelete